Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Assalamualaikum semua …. salam berkah untuk kita semua. Nah kali ini saya akan berikan sedikit tips bagi kalian yang akan memulai bisnis online. Sebelumnya apa sih tujuan dari bisnis????? uang kan??? yup saya juga setuju kalo bisnis itu untuk dapat REJEKI atau Uang. Sekedar tips saja jika kalian memang pengin bisnis online , kalian perlu tau jenis-jenis bisnis Online. Yuk menuju TKP

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE

Jenis Bisnis Online Yang Beredar Saat ini

1. Jualan Online (Toko Online)

Toko online adalah salah satu bisnis online yang simpel. Apa bedanya Toko online dengan toko biasa (offline)  ? . Sebenarnya toko online dan offline itu sama saja , intinya berjualan suatu produk hanya berbeda di tempatnya saja. Yang Online di Internet yang offline di dunia nyata.

Apa Keunggulan Dari Bisnis Toko Online Daripada Offline?

  • Modalnya sedikit karena ga makan biaya sewa tempat atau ruko dan karyawan. Semua bisa dilakukan secara mandiri.
  • Simpel ga harus ada perijinan dll asal kita paham di dalam internet dan tidak harus memanjang secara fisik hanya bermodal website dan katalog produk serta pengetahuan produk
  • Punya banyak waktu luang karena anda tidak setiap hari harus berangkat ke toko anda karena toko anda itu dibuka selama 24 jam selama internet masih ada
  • Jangkauan pemasaran luas, beda dengan toko offline yang jangkauan pemasaran anda hanya untuk lokal saja. Tapi dengan toko online toko anda bisa diakses di seluruh Indonesia bahkan dunia, asalkan anda paham website dan SEO.

Jenis – Jenis Toko Online

Didalam toko online juga punya banyak tipe , ada yang sistem Dropship , Reseller , Atau 100% Toko Online. Udah pada tau belum jenis bisnis toko Online???. Oke kalo belum tau yuk kita bahas bareng – bareng.

-> Dropship . Adalah sistem jual beli online dimana si penjual sama sekali tidak mempunyai produk. Artinya si penjual memesan produk disaat ada orderan saja, enak bukan??? Penjual dapat untung dari mar up atau uping harga dari harga kulakan. Bisnis ini sampai saat ini sangat ramai dilakukan pra online shoper.

-> Reseller . Adalah sistem jual beli online yang hampir mirip dengan dropshipe tapi biasanya untuk jadi reseller harus melakukan pembelanjaan diawal terlebih dahulu dengan jumlah tertentu supaya si penjual mendapat diskon khusus dari sang distributor atau produsen. Untuk keuntungannya itu diambil dari selisih harga atau dari diskon yang diberikan oleh distributor. Sebagai contoh ” ada distributor baju batik yang menjual batiknya ke pengecer dengan harga 200rb maka si reseller juga menjualnya sama persis harga 200rb tapi reseller sudah dapat untung sekian persennya sesuai dengan ketentuan.

-> 100% toko online. Kenapa saya bilang 100% toko online?? Karena memang bisnis ini bener bener punya produk sendiri punya stok sendiri dan pokoknya dia modal di awal mulai dari stok produk alat promosi dll punya pribadi.

2. Bisnis Periklanan Online

Apa yang dimaksud dengan bisnis periklanan??? Bisnis periklanan intinya adalah menjual sebuah iklan. Sebetulnya bukan menjual sih yah tapi mempromosikan kayaknya. Bisnis periklanan ada berbagai type tapi intinya sih hampir sama yaitu menayangkan sebuah iklan di internet. Tapi ini saya jelaskan sesikit yang saya tau di bisnis periklanan.

Jenis bisnis periklanan

– Google Adsense

Adalah salah satu bisnis periklanan terpopuler dimana para pemilik situs atau blog memasang iklan google di situs mereka dan untuk penghasilan terhitung dari jumlah klik dan lama dan jumlah tayang. Asik kan??? Kita hanya buat situs atau blog dapat duit deh….

– Iklan Baris Atau Portal

Adalah bisnis online periklanan dimana pemilik situs menayangkan iklan yang berasal dari perorangan atau instasi tertentu dengan tarif yang telah disepakati contohnya detik.com . Biasanya untuk mendapatkan pengiklan (orang yang mau iklan) akan melihat trafik dari situs atau blog kita. So intinya situs kita harus mempunyai niche (tema) yang sesuai dengan bisnis mereka dan punya trafik yang layak bagi para pengiklan.

3. Bisnis Affiliate

Bisnis affiliate ini hampir mirip kaya dropship yang intinya kita dapat uang dari hasil jualan kita tapi ada sebuah perbedaan di kedua bisnis ini. Perbedaan dikedua bisnis ini adalah di cara penjualannya. Untuk bisnis dropship biasanya terjadi komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli, sedangkan dropship tidak. Kalau dropship hanya mempromosikan sebuah link yang mana jika link tersebut di klik dan ternyata terjadi penjualan maka anda mendapatkan royalti dari penjualan tersebut. Enak kan? Ga ada komunikasi 2 arah tau tau ada transferan hehehehe anda hanya promo link affiliasi anda saja intinya.

Yaudah ya sekian dulu dari ane mungkin bisa nambah ilmu buat agan & sista.

By. Adityaekofadilah.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *